PIDATO TEMA KEJUJURAN


KEJUJURAN

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Hasil gambar untuk Gambar filosofi kejujuranYth bapak/Ibu guru, serta teman-teman sekalian yang saya cintai
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.
Kejujuran adalah tanda bukti keimanan. Orang mukmin pasti jujur. Jikalau tidak jujur berarti tanda keimananya sedang diserang penyakit munafik. Sebagaiman telah diketahui munafik adalah orang yang bermuka dua, yang diluar berkata iya dan didalam berkata tidak.

Teman-teman suatu hari salah satu shahabat Nabi bertanya padanya : “ya Rosul apakah mukmin itu pelit?” dan Rosul menjawab “ mungkin saja” lalu ia bertanya lagi “apakah mungkin orang mukmin itu pengecut?” Nabi menjawab lagi “mungkin saja” tapi ketika sahabat Nabi bertanya “apakah orang mukmin itu berbohong?” Nabi menjawab “tidak”.

Teman-teman yang berbahagia
Apa yang bisa kita pelajari dari itu tersebut mengajarkan kita untuk berkata jujur karena orang mukmin tidak mungkin berbohong. Karena kejujuran adalah pangkal semua perbuatan baik manusia. Tidak ada perbuatan dan ucapan baik kecuali kejujuran. Oleh sebab itu Allah menyuruh orang-orang mukmin agar selalu berkata benardan berlaku jujur. Ini diperintahkan oleh Allah melalui firman-Nya Yang artinya :
“hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah dan katakanlah       perkataan yang jujur dan benar.” (Al-Ahzab : 70)

Teman-teman yang berbahagia
Kejujuran adalah tiang agama, sendi akhlak, dan pokok raja kemanusiaan manusia. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, akhlak tidak sempurna, dan seorang manusia tidak sempurna menjadi manusia. Disinilah pentingnya kejujuran bagi kehidupan. Rosulullah SAW bersabda, “tetap berpegang eratlah pada kejujuran. Walau kamu seakan-akan melihat kehancuran dalam berpegang teguh pada kejujuran, tapi yakinlah bahwa didalam kejujuran itu terdapat keselamatan.” (HR. Abu Dunya)

Link:
*Kejujuran
*Pidato kejujuran
*Materi kultum kejujuran
*Tema pidato kejujuran
*Kultum singkat
*Kultum tema kejujuran
*Tema pidato

Posting Komentar

0 Komentar